Sabtu

(KTSP) SEKOLAH DASAR

Materi SOSIALISASI dan PELATIHAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP) SEKOLAH DASAR



KATA PENGANTAR

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita bangsa Indonesia telah rnemiliki Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang merupakan tuntutan pelaksanaan pembaharuan pendidikan yang diharapkan dapat mendukung segala upaya untuk memecahkan masalah pendidikan.

Dalam proses pembelajaran, kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting, selain guru, sarana dan prasarana pendidikan lainnya. Oleh karena itu, kurikulum digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pendidikan dan sekaligus sebagai salah satu indikator mutu pendidikan. Di Indonesia tercatat telah lima kali revisi kurikulum pendidikan dasar dan menengah, yaitu pada tahun 1968, tahun 1975, tahun 1984, tahun 1994 dan ujicoba kurikulum tahun 2004. Revisi kurikulum tersebut bertujuan untuk mewujudkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, guna mengantisipasi perkembangan jaman, serta untuk memberikan guideline atau acuan bagi penyelenggaraan pembelajaran di satuan pendidikan.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa, pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, dan kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Selanjutnya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, disebutkan bahwa standar yang terkait langsung dengan kurikulum adalah Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, dan telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun
2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKI, tersebut di atas.

Berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta panduan yang disusun oleh BSNP, maka Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah diharapkan dapat mengembangkan Kurikilum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan peserta didik.







iii

Mengingat bahwa SI, SKL dan KTSP ini harus sudah dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan dasar dan menengah pada tahun ajaran 2009/2010, maka kegiatan sosialisasi dan pelatihan SI , SKL dan pengembangan KTSP bagi para pendidik, tenaga kependidikan dan para pemangku kepentingan
(stakeholders) pendidikan lainnya harus dilakukan kordinasi dan sinergi dengan semua fihak yang terkait, dan segera dilaksanakan secara terencana, terpadu dan berkelanjutan. Untuk itulah maka disusun bahan sosialisasi dan pelatihan SI, SKL dan Pengembangan KTSP yang telah disinkronkan bersama dengan Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional. Selanjutnya semua kegiatan sosialisasi dan pelatihan SI, SKL dan Pengembangan KTSP tersebut supaya menggunakan bahan yang telah disiapkan ini, sehingga dapat memperlancar dalam mengembangkan KTSP di masing-masing satuan pendidikan dengan baik.

Oleh karena itu, semua lapisan masyarakat yang terkait dengan pendidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik sebagai pengambil kebijakan, pelaksana, maupun masyarakat umum hendaknyamemiliki pemahaman yang baik terhadap perubahan kebijakan tentang kurikulum tersebut. Dengan kesetaraan pemahaman tersebut seluruh upaya peningkatan mutu pendidikan nasional akan mendapatkan dukungan dari segala penjuru dan hal ini akan menjamin keberhasilannya.




Jakarta, Januari 2007
Menteri Pendidikan Nasional







Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA




















iv

Daftar Isi






Kata Pengantar.............................................................. iii
Daftar Isi ..................................................................... v


I. Kebijakan .................................................................... 1
1. Undang–Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional..................................................... 3
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang
Standar Nasional Pendidikan......................................... 15
3. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2005 - 2009...................................................... 35


II. Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) ................................................... 55
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006
tentang Standar Isi (SI)............................................... 57
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006
tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL).................. 73
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006
tentang Pelaksanaan Standar Isi (SI) dan Standar
Kompetensi Kelulusan (SKL)......................................... 81


III. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP)........................................................................ 87
7. Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi............... 89
8. Penyusunan KTSP...................................................... 97
9. Pengembangan Silabus.............................................. 123
10. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)...................................................................... 141


IV. Model-Model Kurikulum.......................................... 147
11. Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal....... 149
12. Panduan Model Pengembangan Diri untuk Satuan
Pendidikan Dasar Dan Menengah................................. 159


V. Pembelajaran Tematik............................................ 173
13. Model Pembelajaran Tematik SD Kelas I-III ................. 175
14. Model Pembelajaran Tematik SDLB, SMPLB, & SMALB.... 191


VII. Pembelajaran Efektif................................................ 207
15. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan
(PAKEM) di TK & SD.................................................. 209



v








VII.Penilaian Hasil Belajar............................................ 223
16. Rancangan Penilaian Hasil Belajar............................... 225


VIII.Pengembangan Bahan Ujian................................... 251
17. Pengembangan Bahan Ujian & Analisis Hasil Ujian......... 253


IX. Laporan Hasil Belajar (LHB).................................. 297
18. Penyusunan Laporan Hasil Belajar (LHB)
Peserta Didik SD/MI.................................................. 299
19. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal......................... 307

























































vi

Materi SOSIALISASI dan PELATIHAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)









I. KEBIJAKAN




1. Undang-Undang No. 20
Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan nasional.


2. Peraturan Pemerintah No. 19
Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan.

3. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009.





































1









































































2




Departemen
Pendidikan Nasional




Materi 1







UNDANG–UNDANG NO. 20 TH.2003

Tentang

SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL










Sosialisasi KTSP











DASAR & FUNGSI PENDIDIKAN NASIONAL


Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945


Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa





Sosialisasi KTSP







3




TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL



berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang:

– beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa,
– berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
– menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.





Sosialisasi KTSP











PRINSIP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN



Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.
Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna.
– Pendidikan sistem terbuka: fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan
– Pendidikan multimakna: proses pendidikan yang diselenggarakan dengan berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup



Sosialisasi KTSP







4

Thank you for trying Solid Converter PDF.
The trial version of this product only converts 10% of your document, with a 10 page maximum.
For this conversion, Solid Converter PDF converted 10 of 321 pages.
Please register Solid Converter PDF at http://www.solidpdf.com/buy.htm to remove this restriction.

0 komentar:





 
© Copyright 2008 your blog name . All rights reserved | your blog name is proudly powered by Blogger.com | Template by Template 4 u and Blogspot tutorial